Dukcapil Kota Jayapura. Jumat, 13 Juni 2025 merupakan hari ke 100 pertama dalam masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Jayapura periode 2025-2030. Beberapa janji politik serta program kergiatan serta agenda strategis yang digagas telah dilaksanakan. Antara lain Kegiatan kegiatan turun ke 14 Kampung yang ada di Kota Jayapura untuk tinggal bersama masyarakat guna mendengar secara langsung aspirasi dan keluh kesah masyarakat untuk dijawab dalam kurun waktu 5 Tahun kedepan, serta beberapa agenda strategis lainnya.
Di bidang administrasi kependudukan terjadi transformasi dengan telah ditempatkan Petugas Registrasi Administrasi Kependudukan Kelurahaan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Jayapura, dan juga seluruh kampung di Kota Jayapura yang sedang dalam persiapan.
Dengan adanya Petugas Registrasi Administrasi Kependudukan di Setiap Kelurahan dan Kampung di Kota Jayapura maka diharapkan makin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi kependudukanl, makin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kepemilikian dokumen kependudukan serta diharapkan makin meningkatkan capaian kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat.
Sepanjang 100 hari kerja pertama Walikota dan Wakil Walikota Jayapura Periode 2025-2030 yang dimulai sejak tanggal 3 Maret , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipihingga tanggal 13 Juni 2025, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura telah melakukan Perekaman KTP-el sebanyak 1.479 bagi Penduduk yang baru berusia 17 Tahun, menerbitkan 30.191 Dokumen Kependudukan mulai dari KTP-el, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, Akta Kelahiran dan Akta Akta Pencatatan Sipil Lainnya. Dalam periode waktu yang sama pula kesadaran Masyarakat untuk melakukan Pencetakaan dokumen kependudukan secara mandiri melalui dua buah mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang terdapat di Saga Mall Abepura dan Mall Pelayanan Publik terminal entrop makin meningkat dilihat dari data Dinas Dukcapil yakni sebanyak 2.152 Dokumen dicetak sendiri oleh masyarakat di Mesin ADM Saga Mall Abepura dan 3.559 Dokumen dicetak oleh masyarakat di Mesin ADM yang berada di Mall Pelayanan Publik Terminal Entrop.
Berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat kota jayapura terus dilakukan dari waktu ke waktu seiring perubahan jaman serta kemajuan teknologi informasi yang berkembang begitu pesat serta seiring sejaklan dengan dinamisnya proses kehidupan manusia, mulai dari lahir, dibesarkan, berubah usia, menempuh Pendidikan, berpindah alamat, mendapatkan pekerjaan, melakukan perkawinan, berubah pekerjaan, mengakhiri pekerjaan karena pensiun, dan akhirnya meninggal dunia.(rm)